5 M Tips Bisnis Bagi Pemula

1. Mental

Mental jangan takut gagal harus dimiliki ketika akan memulai bisnis. Mental jangan menyerah harus dimiliki saat menjalani bisnis. Mental terus belajar harus dimiliki saat bisnis ingin terus dikembangkan.

2. Market

Market = Pasar = Konsumen. Kita harus tahu siapa calon pembeli kita. Kita harus bisa menentukan siapa target market kita. Target konsumen ini akan menjadi pembeli kita. Produk kita harus sesuai dengan target market.


3. Modal

Modal memang penting ketika akan memulai bisnis, tapi jangan sampai karena kendala modal jadi tidak membuka bisnis. Kita bisa membuat kerja sama atau mencari investor. Modal minim juga bisa membuka bisnis, caranya dengan menjadi reseller.

4. Marketing

Marketing atau bahasa mudahnya adalah strategi pemasara. Strategi pemasaran sangat penting dipelajari dan diketahui oleh semua pengusaha. Kita harus bisa membuat produk kita dikenal konsumen dan konsumen yakin dengan produk kita sehingga pembelian pun terjadi. Pemasaran mencakup 4 hal utama : Product, Price, Place, dan Promotion (Marketing Mix).

5. Manajemen

Ketika bisnis kita sudah dibuka, maka selanjutnya kita perlu mengembangkan bisnis dengan system manajemen yang baik.

Hal paling mendasar adalah manajemen keuangan dan SDM. Kita harus melakukan pengaturan uang yang masuk dan keluar. Kita juga perlu mengembangkan SDM yang ada, sehingga bisnis jadi lebih berkembang.

Labels: ,